Tingkatkan Angka Keselamatan Berkendara Karyawan di Sukabumi, PT MUM Gelar Safety Riding

Sukabumi, 02 September 2023 – PT MUM gelar pelatihan Safety Riding sebagai komitmen perusahaan dalam menjamin keselamatan kerja karyawan. Mobilitas Account Officer (AO) di lapangan setiap harinya tergolong tinggi. Dimulai dari Kantor Unit menuju ke tempat PKM hingga aktivitas collection ke rumah nasabah. Safety riding kemudian menjadi bekal penting bagi AO dalam kesehariannya.


Menjamin keamanan karyawan, sebagaimana prinsip Good Corporate Governance  (GCG),  komitmen PT MUM melalui penyelenggaraan Pelatihan Safety Riding yang dilakukan di Anugrah Hotel Sukabumi pada 02 September lalu. Dihadiri 192 AO, PT MUM menggandeng K3PNM,  Jasa Raharja Sukabumi, dan Satlantas Polres Kota Sukabumi untuk menjadi narasumber kegiatan ini.

Kegiatan safety riding, dibuka oleh Bapak Luki Nurwendhi selaku Perwakilan Pemimpin PT PNM cabang Sukabumi, dan dihadiri oleh Bapak Haerudin selaku Kepala Divisi Bisnis 2 PT MUM, Bapak Merphino S selaku Kepala Divisi Bisnis 1 PT MUM.

Pelatihan dimulai dengan pemaparan materi oleh Bapak Rulo Ulih Toto Surbakti selaku Kepala Jasa Raharja Sukabumi, difokuskan dalam hal mengupayakan peningkatan keselamatan karyawan dalam berkendara melalui prosedur klaim jaminan karyawan dengan Jasa Raharja. Tetap pada prinsipnya, perusahaan mengingatkan bahwa kesediaan jaminan bukan berarti menjadi celah untuk lalai berkendara.

Pemaparan kedua oleh Ipda Dodi Iskandar selaku Kanit Kamsel Satlantas Polres Kota Sukabumi, dimulai dari kelengkapan dalam berkendara motor, peraturan lalu lintas, sosialiasi terkait ETLE (Electronic Traffic Law), dan hal-hal yang perlu dilakukan saat menghadapi tantangan berkendara. Di samping itu, para peserta juga diberikan simulasi berkendara sesuai dengan prosedur aturan yang berlaku. 

Kegiatan safety riding juga sebagai bentuk implementasi MUM, yang merujuk pada Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan Undang-Undang No. 33 - 34 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan dan tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. 

Situasi dan kondisi pengemudi tidak dapat dipastikan setiap saat. Rutinnya program ini diharapkan dapat selalu mengingatkan tindakan terbaik yang dapat diambil karyawan saat menjalankan tugas, guna mewujudkan zero accident dalam bekerja.