Komitmen MUM dalam memperkuat Inovasi Kooperatif Perusahaan

Sepanjang perjalanan bisnisnya sejak tahun 2008 silam, PT. Mitra Utama Madani (MUM) didirikan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional. Datang sebagai perusahaan afiliasi dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PT MUM menjadi salah satu pelopor penyedia jasa tenaga alih daya untuk mendorong pertumbuhan bisnis di Indonesia.

PT MUM berfokus pada pengembangan pelayanan penyedia SDM bisnis Mekaar untuk wilayah Sumatera dan Jawa Barat, ULaMM, dan PNM Grup dengan memperkuat team management dan infrastruktur dalam rangka mendukung pengembangan bisnis melalui penyempurnaan Standar Operasional Prosedur, digitalisasi proses bisnis, pongembangan pasar dan jaringan layanan, serta penerapan Sistem Manajemen Mutu. Selain itu, MUM juga tengah berekspansi dalam bisnis pengelolaan bisnis alih daya dengan menjaring rekanan bisnis secara terukur dalam upaya mengenalkan layanan dan meluaskan pasar perusahaan. Beberapa contoh klien kami di lingkup external yakni Sawit Group, JNE, Primaco, Marimas, hingga Polytron.

Sebagai perusahaan afiliasi PNM yang bergerak di bidang penyediaan tenaga kerja alih daya, serta guna meningkatkan kinerja untuk menghadapi tantangan di masa datang, MUM pun memiliki budaya kerja, “M.U.M”, yang diuraikan sebagai berikut:

Menjaga Integritas

Unggul dan Profesional

Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Integrated HR Solution Company” yang merupakan slogan dari MUM acap kali disuarakan untuk menarik atensi pangsa bisnis tertentu khususnya beragam perusahaan di BUMN maupun non-pemerintahan atau external yang memerlukan tenaga kerja ideal. Diharapkan sebagai perusahaan outsourcing dengan integritas tinggi, MUM dapat menjadi pionir bagi lingkaran SDM indonesia yang cenderung masih ada kesenjangan dan ketidakmerataan di sejumlah wilayah misalkan Indonesia bagian timur. Kedepannya, MUM akan senantiasa bekerja keras guna menghasilkan angkatan tenaga kerja yang unggul dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja.

Dilansir dari situs KSI atau Knowledge Sector Initiative, (24/2/22), Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, Suharso Monoarfa melalui “Presidensi G-20 Indonesia: Transformasi Ekonomi untuk Penguatan dan Pemulihan Bersama,” mengatakan Indonesia perlu menata ulang perekonomian negeri pasca pandemi yang tidak hanya membawa negara ini ke kondisi sebelum pandemi, tetapi bisa membalikkan kondisi ke yang lebih baik sebelum krisis ekonomi akibat pandemi. 

Untuk itu, transformasi ekonomi menjadi titik kunci dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045. Namun, transformasi tersebut membutuhkan riset dan inovasi sebagai kunci agar produktivitas Indonesia meningkat. Posisi Pemerintah disini sebagai regulator dan pengawas, yang artinya berperan penting mendorong peningkatan riset dan inovasi tersebut, serta mendorong ekosistem pengetahuan dan inovasi menjadi lebih baik. MUM, sebagai salah satu bagian dari transformasi ekonomi optimis bisa mewujudkan berbagai inovasi kooperatif yang mana kontribusinya dapat dirasakan oleh banyak pihak terutama perusahaan-perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan kami. 

MUM menyediakan dan mengelola tenaga alih daya, mengadakan assessment center, pelatihan, mempunyai jasa Lembaga Sertifikasi Profesi, dan konseling. Didukung dengan cakupan wilayah penyedia tenaga alih daya yang luas, perwakilan karyawan PT MUM telah tersebar di seluruh daerah Indonesia, khususnya Sumatera dan Jawa Barat. Sebagai penyedia dan pengelola tenaga alih daya yang terpercaya, PT MUM telah bersertifikat ISO 9001:2015 Quality Management System dan ISO 37001:2016 Anti-Bribery Management System.

Sebagai bentuk dari inovasi kooperatif perusahaan, PT Mitra Utama Madani berkomitmen memberikan berbagai program pelatihan dan sertifikasi keahlian bagi karyawan yang selalu dikembangkan secara dinamik. Adanya pelatihan dan sertifikasi seperti personal non-manajerial dan pengetahuan praktis bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas dan hasil kinerja karyawan. MUM mampu menganalisa kebutuhan mitra bisnis dengan berbagai macam program kegiatan pelatihan pengembangan beserta sertifikasi karyawan dan telah mengadakan pelatihan, sertifikasi HR, administrasi, training

Untuk menuju prioritas dari PT MUM salah satunya dengan teknologi leadership yang terus dijalankan seiring dengan pengembangan talent. MUM percaya, dari sini mereka mampu membuat inovasi model bisnis dan tentu saja ujungnya yakni memberikan nilai sosial yang optimal.

Dalam menghadapi kompetisi di industri jasa yang semakin ketat dan perkembangan teknologi dalam pengelolaan perusahaan yang berorientasi tenaga kerja profesional, MUM berkomitmen mencetak SDM yang profesional, berintegritas tinggi dan berkinerja unggul. Tetapi yang lebih penting, setiap pekerja diharapkan dapat memenuhi tata nilai 6C yaitu: Clean, Competitive, Confident, Customer focus, Commercial, dan Capable. Salah satu fokus MUM pada tahun 2024 adalah penataan dan peningkatan kualitas SDM terutama dalam perspektif pengembangan karakter. Dengan dukungan SDM berkarakter dan berkinerja unggul, diharapkan MUM dapat terus tumbuh menjadi perusahaan yang mampu bersaing di masa depan.

Source: MUM.id, KSI, dan PNM.