Kolaborasi MUM dalam Pemberdayaan Perempuan lewat PNM Mekaar

Deputi Kewirausahaan Kementerian Koperasi Usaha Kecil Mikro, Menengah atau  KemenKop UKM, Siti Azizah, pada webinar “Potret UMKM Perempuan Tangguh Dalam Pusaran Global” Juli 2023, mengatakan, sekitar 44 persen UMKM perempuan meminjam modal untuk investasi di usaha mereka. Investasi yang dilakukan adalah pembelian mesin atau barang modal. UMKM perempuan menaruh minat tinggi terhadap program-program pelatihan yang mendukung kesejahteraan bisnis. Guna menunjang berbagai program terkait, dibutuhkan akses memadai terhadap fitur mobile dan internet banking bagi UMKM perempuan.

Selaras dengan fokus BRI yang konsisten dalam mendorong inklusi Digital serta Peran Perempuan Pengusaha dalam Ekonomi Digital. Direktur Bisnis Mikro BRI Supari (18/11/23) berharap, bahwa UMKM khususnya Segmen Mikro dan Ultra Mikro berperan penting dalam mengejar pertumbuhan demi menggapai Indonesia Emas 2045.

Berdasarkan data yang dirilis oleh KemenKop UKM pada Agustus 2023, dari total 65 juta UMKM Indonesia, 60 persennya dimiliki serta dikelola oleh para pegiat usaha perempuan. Kegiatan ini sejajar dengan fokus PNM dalam mendorong kesejahteraan bidang wirausaha dan pemberdayaan perempuan. 

Pemerintah menyadari pentingnya peran perempuan khususnya womenpreneur terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu, Pemerintah berkomitmen memberikan kesempatan yang lebih luas kepada perempuan agar kontribusi yang diberikan dapat lebih optimal, serta menyiapkan langkah strategis untuk mengatasi isu pemberdayaan perempuan, kesetaraan gender, sekaligus mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s).

Dalam menjunjung upaya untuk memberdayakan perempuan, khususnya, kesejahteraan di bidang wirausaha, MUM menjadi support penting bagi Permodalan Nasional Madani, melalui Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar).

PNM melalui Program PNM Mekaar, ialah sebagai pihak peminjam modal untuk wanita prasejahtera pelaku usaha Ultra mikro, dalam rangka menggapai cita-cita dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. PNM Mekaar dikuatkan dengan aktivitas pendampingan usaha dan dilakukan secara berkelompok.

Didirikan sejak 2015, manfaat yang disalurkan oleh Perusahaan melalui layanan PNM Mekaar, meliputi:

  • Peningkatan pengelolaan keuangan;
  • Pembiayaan modal tanpa agunan;
  • Penanaman budaya menabung; dan

Per November 2023, PNM Mekaar telah menumbuhkan usaha ultra mikro hingga 14,9 juta nasabah, dengan total penyaluran dana PNM Mekaar mencapai Rp 62,4 triliun. Hal ini yang mendasari optimistis PNM untuk mencapai target di atas 16 juta nasabah di tahun 2024.

Komitmen PNM Mekaar adalah mewujudkan UMKM wanita pra-sejahtera agar dapat bersaing di tengah dinamika digitalisasi ekonomi. Posisi MUM sebagai afiliasi dari PNM, berandil sebagai pioneer dalam penyediaan lapangan kerja bagi lulusan SMK/SMA Sederajat. 

Sebagai bukti konkret dalam melakukan percepatan pemenuhan karyawan kelolaan, MUM memperluas pencarian kandidat melalui komunitas, melakukan sourcing kandidat melalui agen travel perjalanan antar kota / provinsi, melalui penambahan magang Support Recruitment, mengikuti Job Fair, menjalin kerja sama dengan akun lowongan pekerjaan di berbagai wilayah, bekerjasama dengan instansi sekolah atau lembaga pemerintahan sebagai wadah yang dapat menjembatani antara calon pelamar kerja dengan perusahaan.

Memiliki Visi Perusahaan, “Menjadi Lembaga Alih Daya yang Memberikan Integrated Human Resource Solution”, MUM hadir memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang berdedikatif guna mendukung kegiatan operasional perusahaan ditengah pertumbuhan bisnis di Indonesia.

Source: Kemenpppa,go.id, Bisnis.com, PNM, MUM.id, Jurnal DPR RI, dan Keuangan.Kontan.co,id

Informasi lebih lanjut:

Putri Amandawati

Corporate Communication

PT Mitra Utama Madani

corcom@mum.co.id

www.mum.co.id