Kiat Pemasaran MUM melalui Media Daring

Perusahaan tenaga alih daya di Indonesia saat ini tak bisa lepas dari presensi media sosial. Alasannya, dinamika ekonomi nasional yang bergerak begitu cepat. Pascapandemi, semua pelaku usaha khususnya bidang tenaga alih daya atau outsourcing mulai beradaptasi dengan gaya hidup kini yang cenderung hybrid. Ini berarti peran media daring sangatlah esensial kehadirannya dalam perkembangan suatu bisnis. 

Menurut jurnal HR Digital Transformation - The Ultimate Guide - 2023, Akselerasi digital akan tetap terjadi bahkan di tengah ketegangan geopolitik dan inflasi hingga menjelang akhir tahun 2023. Perusahaan yang melakukan transformasi digital SDM harus optimis menghadapi tantangan di tengah work culture serta skill leverage SDM yang kian sengit persaingan antar daya juangnya.

Akselerasi digital cukuplah berkesinambungan dengan kiat pemasaran suatu perusahaan. Contohnya, PT. Mitra Utama Madani (MUM), tidak pernah berhenti untuk berinovasi dalam memasarkan produk atau layanan. Di sinilah business process outsourcing (BPO) berperan. BPO merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pihak ketiga berupa pengalihdayaan beberapa proses dan fungsi bisnis suatu perusahaan, sesuai kepentingan dan kesepakatan. Tentunya untuk bersaing dengan pelaku usaha lainnya, MUM mengimplementasikan visi dan misi perusahaan menjadi output nyata yang bersifat progresif namun resikonya juga terukur. 

Sepanjang tahun 2023, MUM telah menyelesaikan dengan baik fase penguatan sumber daya manusia yang diharapkan dapat menjadi pondasi kuat untuk melanjutkan sinergi pada Group perusahaan. Hingga November 2023, MUM memiliki total karyawan kelolaan sebanyak 28,276 orang, yang rinciannya antara lain; 26,371 orang (PNM Mekaar), 561 orang (Portofolio-Pusat), dan 1439 orang (Portofolio - Cabang).

Hal ini sejalan dengan strategi Perusahaan untuk menjadikan akselerasi digitalisasi sebagai sumber pertumbuhan baru yang berkelanjutan bagi MUM dan memperkuat core business perusahaan di segmen daerah terpencil, sehingga MUM “tidak jauh dan tidak sulit” dijangkau masyarakat. 

Seiring perjalanan menuju digitalisasi, MUM, melakukan inovasi pengembangan rekrutmen pegawai dengan merilis “MUM Online Recruitment atau “MORE” yang merupakan website rekrutmen terpadu, dan dapat diakses melalui https://more.mum.co.id./. Peluncuran “MORE” yang fokus pada aspek digital dan culture, menjadi bukti konkret MUM untuk terus mempertajam transformasi perusahaan. Dengan menggunakan “MORE”, proses rekrutmen karyawan dapat dilakukan secara online dan komprehensif, diharapkan mampu menjaring tenaga-tenaga kerja unggul. Langkah ini diambil MUM untuk membantu Pemerintah dalam menekan angka pengangguran yang saat ini telah mencapai 7,86 juta orang per Agustus 2023 (dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2023).

MUM fokus dalam mengaplikasikan berbagai bentuk pemasaran yang relevan dan kreatif. MUM menyadari, fitur instagram hingga sekarang masih menjadi wadah terkemuka bagi pelopor usaha untuk menggaet kandidat-kandidat tenaga kerja terutama angkatan muda yang penuh akan ide namun masih butuh bimbingan dari pihak yang mumpuni. Mereka diyakini akan lebih mudah beradaptasi serta enjoy dengan tipe pekerjaan yang menyangkut presensi media daring. 

MUM akan memfasilitasi rasa ingin tahu tenaga kerja pemula hingga tersalurkan secara efektif. Berikut contoh konten pemasaran yang rilis di media daring milik MUM, khususnya fitur instagram: 

Apakah kalian jadi semakin penasaran dengan serba-serbi pemasaran MUM, MUMeetz? Rajin pantengin instagram kita terus ya! Jangan sampai ketinggalan! Mana tahu kamu beruntung bisa jadi salah satu bagian dari MUM atau hanya sekedar menambah wawasan mengenai ilmu human resource.

Seru banget kan? Yuk, jangan lupa untuk turut subscribe kanal di youtube kami juga untuk video-video menarik serta informatif lainnya.

Source: Deloitte, Linkedin, dan instagram MUM.

Informasi lebih lanjut:

Putri Amandawati

Corporate Communication

PT Mitra Utama Madani

corcom@mum.co.id

www.mum.co.id