Daya Saing SDM RI Naik Peringkat. Begini Komitmen MUM!

Tingkat daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia di dunia naik empat peringkat dalam riset International Institute for Management Development (IMD) World Talent Ranking (WTR) 2023. Tahun ini, Indonesia berada di posisi 47.

"Kenaikan posisi Indonesia merupakan pencapaian signifikan dari posisi 51 pada 2022," ujar Direktur World Competitiveness Centre IMD, Arturo Bris, Kamis, 19 Oktober 2023.

Hal ini diperkuat oleh pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang mengklaim, implementasi Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) telah mampu membuat peringkat daya saing Indonesia naik signifikan pada 2023. 

IMD WTR 2023 mengevaluasi tiga faktor penentu, yaitu investasi dan pengembangan SDM, daya tarik bagi SDM asing, serta tingkat kesiapan untuk mempertahankan SDM di dalam negeri. Berdasarkan hasil penelitian WTR, Indonesia telah melakukan sejumlah perbaikan terkait tingkat investasi dan pengembangan SDM. Penerapan kerja magang (peringkat 10 dunia) dan prioritas pelatihan di tempat kerja (peringkat 14 dunia) berkontribusi mendongkrak kualitas kompetensi SDM Indonesia. 

Presiden Jokowi menegaskan, hal ini perlu dilanjutkan agar competitiveness index Indonesia menjadi semakin baik, sehingga nyata bahwa dalam bersaing dengan negara-negara lain, Indonesia mampu. Perlu digaris bawahi mengenai peringkat daya saing SDM, bukan Indonesia yang mengeluarkan, tapi riset internasional dan diakui secara global.

Menanggapi hal itu, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai perusahaan pembiayaan yang tergabung dalam Holding Ultra Mikro terus melakukan pemberdayaan. Tidak hanya kepada nasabah tetapi juga karyawan sebagai garda terdepan bisnis. 

“Fokus PNM menjadikan kaum marjinal untuk “naik kelas” taraf hidupnya, harus diikuti dengan kemampuan Insan PNM yang juga harus “naik kelas”. Salah satunya adalah dengan adanya beasiswa bagi insan PNM yang ingin upgrade kemampuan dan pengetahuan dengan melanjutkan kuliah.” Ujar Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi.

Hingga per 12 Januari 2024, PNM telah menjembatani pembiayaan pendidikan lanjutan kepada 977 Karyawan, dan pemberian beasiswa kepada 208 Karyawan di Universitas Terbuka. Langkah ini merupakan hasil nyata dari komitmen PNM sebagai perusahaan yang mengutamakan karyawannya dan menjadi tempat terbaik untuk berkembang.

Aspek pengembangan dan kesejahteraan bagi karyawan menjadi salah satu kunci agar bisnis perusahaan tetap bisa berkelanjutan. Hal ini yang juga menjadi komitmen MUM sebagai perusahaan yang mengutamakan karyawannya dan menjadi tempat terbaik untuk berkembang terutama lewat jalur pendidikan bebas biaya.

Kepala Divisi Keuangan dan Operasional (Kadiv KDO) PT MUM, Ibu Anisha Putri Teranda, mengatakan, MUM mendukung keterlibatan karyawan melalui budaya yang mengutamakan adaptabilitas, resiliensi dan pengembangan diri melalui pengembangan karir, pemberdayaan dan aktualisasi diri.

"Perusahaan secara proaktif fokus terhadap pengembangan tim yang berkinerja tinggi, secara bersamaan juga merangkul pemberdayaan, mengembangkan kompetensi baru, memanfaatkan wawasan data, dan menerapkan solusi digital secara cepat dan strategis.” Ujar Kadiv KDO PT MUM, Ibu Anisha.

MUM senantiasa melakukan optimalisasi untuk mencapai hasil terbaik dengan didorong kompetensi SDM yang kuat, salah satunya menggandeng perguruan tinggi. Tujuannya, agar bisa berkolaborasi, meningkatkan kompetensi dan kapasitas Insan MUM dengan gesit, serta dapat membawa insan MUM berkompetitif sehat. 

Tidak sampai disitu, MUM juga berfokus pada pilar peningkatan kualitas SDM digital, yakni memberikan kesempatan magang dan membina talenta digital untuk mahasiswa merasakan pengalaman magang langsung dengan mentor berdedikasi.

“Dalam upaya meningkatkan kesiapan tenaga kerja muda yang syarat dengan talenta, Kami berharap, bahwa prestasi dan inisiatif yang diimplementasikan dapat mencerminkan integrasi kokoh MUM sebagai people centric company yang inspiratif dan dengan tegas mengutamakan pengembangan karyawan,” Tutup Kadiv KDO PT MUM, Ibu Anisha.                

Source: Medcom.id, Tirto.id, dan PNM.id.

Informasi lebih lanjut:

Putri Amandawati

Corporate Communication

PT Mitra Utama Madani

corcom@mum.co.id

www.mum.co.id